KETERLIBATAN DALAM ORGANISASI INTERNASIONAL

1. Perserikatan Bangsa-Bangsa atau disingkat PBB (bahasa Inggris: United Nations atau disingkat UN) adalah sebuah organisasi internasional yang anggotanya hampir seluruh negara di dunia. Lembaga ini dibentuk untuk memfasilitasi dalam hukum internasional, pengamanan internasional, lembaga ekonomi, dan perlindungan sosial. Perserikatan Bangsa-bangsa didirikan di San Francisco pada 24 Oktober 1945 setelah Konferensi Dumbarton Oaks di Washington, DC, namun Sidang Umum yang pertama – dihadiri wakil dari 51 negara – baru berlangsung pada 10 Januari 1946 (di Church House, London). Dari 1919 hingga 1946, terdapat sebuah organisasi yang mirip, bernama Liga Bangsa-Bangsa, yang bisa dianggap sebagai pendahulu PBB. Brazil menjadi Anggota PBB pada tanggal 24 Oktober 1945

2. Union of South American Nations (UNASUR and UNASUL) konstitusi perjanjian ini telah disepakati pada tanggal 23 mei 2008, pada 3 pertemuan beberapa kepala negara, diadakan di brazil.

3. Latin Union adalah Organisasi Internasional negara-negara di kawasan Amerika Latin yang tujuannya untuk melindungi, dan membangun serta memelihara peninggalan masa lalu dan menjaga identitas pemersatu negara-negara latin. Dan dipengaruhi dengan bahasa latin, dunia. Di bentuk pada tahun 1954 pada Madrid, Spanyol dan sudah ada sebagai lembaga fungsionil sejak 1983. Sejak saat itu negara bagian anggotanya sudah naik dari 12 sampai 37, dan keanggotaannya sekarang meliputi semua bagian dunia. Dab Brazil merupakan salah satu negara anggotanya tersebut.

4. International Monetary Fund (IMF) adalah organisasi internasional yang mengawasi sistem keuangan global dengan mengikui macroeconomic kebijakan negara anggotanya,kebijakan khususnya akan dampak atas nilai tukar dan neraca bayaran. Juga menawarkan keuangan dan teknik bantuan kepada anggotanya, Markas besarnya terletak di Washington, D.C., AS.

5.      International Criminal Police Organization, atau lenih dikenal dengan nama Interpol, adalah organisasi yang memudahkan kerjasama polisi internasional. Didirikan sebagai Komisi Polisi Kejahatan Internasional pada 1923  
6.      Organisasi Hidrografi Internasional (IHO) semula didirikan pada 1921 sebagai Biro Hidrografi Internasional (IHB). Nama sekarang diambil pada 1970 akibat persetujuan internasional yang direvisi di antara bangsa anggota. Tetapi, dahulu nama International Hydrographic Bureau disewa untuk badan administratif IHO sebanyak tiga orang Direktur dan tongkat kecil di markas besar organisasi di Monako.
7.      Organization of American States (OAS, atau, sewaktu diketahui di ketiga bahasa resmi lain, OEA) adalah organisasi internasional, headquartered di Washington, D.C., Amerika Serikat. Anggotanya adalah ketiga puluh lima negeri merdeka Amerika. Brasil dan 21 negara di atas alas bedak di atas 5 Mei 1948 ada 21 orang anggota Juga mengadakan Zona Perdamaian dan Kerjasama Atlantik Selatan) 
8.      The South Atlantic Peace and Cooperation Zone dibuat pada 1986 lewat pemecahan PBB atas inisiatif Brasil, agar memajukan kerjasama daerah dan pemeliharaan perdamaian dan keamanan dalam daerah. Perhatian khusus didedikasikan untuk pertanyaan mencegah perkembang-biakan geografis senjata nuklir dan mengurangi dan akhirnya menghapuskan adanya militer negara dari daerah lain.
9.      A Declaration on the Denuclearization of the South Atlantic diambil di menemui anggota Negara Bagian zona yang diadakan di Brasilia pada September 1994.
10.  Andean Community (bahasa Spanyol: Comunidad Andina, BISA) adalah blok perdagangan yang terdiri dari negara Amerika Selatan Bolivia, Kolombia, Ekuador dan Peru. Blok perdagangan dinamai Andean Pact sampai 1996 dan datang ke dalam keberadaan dengan menandatangani Cartagena Agreement pada 1969. Markas besarnya terletak di Lima, Peru
11.  System of Cooperation Among American Air Forces adalah organisasi internasional yang sukarela yang apolitik di antara Utara dan orang Amerika Selatan angkatan perang udara. Misi SICOFAA akan berjanji dan memperkuat ikatan persahabatan lazim di Angkatan Perang Udara Benua Amerika, anggota Sistem, sebaik sebagai untuk mencapai satu sama lain bantuan di antara mereka lewat kerjasama mereka untuk bertingkah bersama-sama kalau diperintahkan melakukan oleh sebab itu oleh pemerintah masing-masing mereka. Topik kritis termasuk pelaksanaan udara, sumber penghasilan manusiawi, pendidikan dan latihan, mencari dan menyelamatkan, bantuan bencana, telekomunikasi, obat peroketan, cuaca, pencegahan kecelakaan pesawat, dan penelitian ilmiah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: