komunikasi

March 11, 2008 at 9:18 am (TEKNOLOGI BRAZIL)

Brasil implementasi CDMA 450

Brasil berhasil mengimplementasikan teknologi nirkabel CDMA 2000 1x dan 1xEV-DO yang beroperasi di frekuensi 450 MHz atau dikenal dengan nama CDMA 450 untuk mempercepat akses telepon komunikasi data.

Menurut laporan The CDMA Development Group (CDG) seperti dikutip dari http://www.3G.co.uk, CDMA 450 telah menjadi solusi teknologi yang populer untuk mempercepat akses suara dan komunikasi data di berbagai belahan dunia.

“Pemerintah dan penyedia jasa di beberapa negara di Afrika, Asia dan Amerika latin telah mengembangkan atau uji coba CDMA 450 untuk menyediakan jasa telekomunikasi dasar dan akses Internet,” ujar siaran pers yang dikeluarkan organisasi itu kemarin.

Salah satu negara yang telah berhasil mengimplementasikan CDMA 450 itu, tambahnya, adalah Brazil. Belum lama ini Anatel [Badan telekomunikasi Brazil] melaporkan bahwa mereka telah mengimplementasikan teknologi CDMA yang bergerak di frekuensi 450 MHz di beberapa kota di negara itu sehingga sedikitnya 3.000 penduduknya bisa menikmati akses telepon dan komunikasi data berkecepatan tinggi.

Penggunaan teknologi itu, tambah laporan CDG, merupakan bagian dari proyek pemerintah Brazil sebagai upaya jembatan untuk mengatasi kesenjangan digital yang dialami negara tersebut.

“Penyediaan akses Internet dan telepon merupakan bagian salah satu prioritas pemerintah terutama di negara-negara berkembang, dan teknologi CDMA bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi persoalan tersebut,” kata Perry LaForge, Executive Director CDG.

Dia menambahkan keunggulan teknologi CDMA 450 adalah daerah cakupannya bisa lebih luas selain kapasitas, kemampuan data dan kemudahan yang memungkinkan penyedia jasa bisa menawarkan jasa suara dan broadband secara lebih cepat dan dengan biaya yang sangat murah.

Oleh karena itu, tutur LaForge, industri CDMA akan gembira dengan implementasi teknologi itu di negara berkembang. “Kami akan terus mengembangkan kerja sama dengan pembuat kebijakan di negara-negara itu. Selain itu dukungan penyedia jasa sangat penting bagi pengembangan teknologi itu.”

Teknologi CDMA 450 masih bagian dari keluarga teknologi CDMA 2000 IMT-2000 namun bergerak di frekuensi 450 MHz. Teknologi itu baru dua tahun dikembangkan dan beroperasi secara komersial.

Indonesia telah mengimplementasikan teknologi CDMA 450 melalui operator PT Mandara Selular Indonesia. Operator berlisensi seluler CDMA 450 MHz yang beroperasi sejak pertengahan Februari 2004 ini mengklaim berhasil menjaring 1.000 pelanggan di Lampung, yang meliputi pelanggan perorangan dan warung seluler (warsel).

Operator seluler hasil akuisi Mobile Selular Indonesia (Mobisel) ini sebenarnya telah mempunyai 10.000 orang pelanggan CDMA 450di seluruh wilayah Indonesia. Mandara merupakan perusahaan patungan yang didirikan oleh Brighton Corp Inc, Sojitz Corp, Telkom, Deltona Satya Dinamika, Rajasa Hasanah Perkasa, Pilar Datatel Mediatama, Dana Pensiun Telkom, Jan Darmadi Investindo, Inquam Ltd Indonesia, serta Property Java.

(source:http://www.x-phones.com http://www.metronetgsm.com/2006/08/15/brasil-implementasi-cdma-450/)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: